Selasa, 15 Maret 2011
Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor namanya, adalah pesawat siluman yang menggunakan mesin 5 generasi manuver super ganda, yang didesain sebagai pesawat tipe Air Superiority Fighter, dan didalamnya banyak terdapat kemampuan berupa, untuk menyerang daratan, perlengkapan perang elektronik, dan Signals Intelligence.
 Pesawat yang pertama kali terbang dalam 29 September 1990 (YF-22) dan  7 September 1997 (F22) ini pertama diperkenalkan kepublik pada tanggal 15 December 2005, setiap unitnya dibandoril 150 juta US dollar, dengan harga program 64 juta US dollar,
Pesawat ini adalah pesawat generasi kelima dan generasi ke empat pesawat siluman US, dengan mesin Prat & Whitney F119-PW-100 turbofans dengan teknologi pitch axis thrust vectoring 20 derajat, dapat menembus angkasa dengan kecepatan di atas Mach 2 (2120 km/jam) adalah teknologi yang membut moncong belakang mesin atau "Knalpot" pesawat yang bergerak atas dan kebawah.
Kokpit pesawat ini didesain dengan konsep glass cockpit dimanan didalamnya sudah tidak ada lagi instrumen analog dan diganti dengan perkembangan perangkat paling baru, diantaranya adalah penemuan paling terbaru HMI (Human Machine Interface), helm yang ringan, anthropmetric besar berkakomodasi, dan sistem peringatan intrigrasi tinggi. Instrumen lainya adalah sebuah kanopy besar, side stick dan support systems.
Banyak Variant dari F-22 Raptor, hingga saat ini lebih dari 4 variant yang diketahui karena sangat difavoritkan akan teknologi yang ada didalamnya.

0 komentar: